Foto bersama Nara Sumber dan peserta pelatihan akreditasi dengan metode SAPTO

Unmal Gelar Pelatihan Akreditasi dengan SAPTO

Tanggal 18 Juli 2018 bertempat di ruang kuliah pascasarjana kesmas Unmal, Lembaga Penjamin Mutu Internal mendatangkan Ibu Elida Purba, PhD Sekretaris LP3M Unila dan Bapak Priyambodo, MSc, Kabid Akreditasi Nasional & Internasional Pusat Penjamin Mutu LP3M Unila sebagai nara sumber dalam pelatian persiapan akreditasi on line dengan metode SAPTO (Sistem Akreditasi Perguruan Tinggi On Line).

Acara pelatiihan ini dibuka oleh Wakil Rektor 1 Bidang Akademik, Bapak Achmad Farich, dr, MM di dampingi oleh ketua LPMI Unmal, Dr. Dessy Hermawan, M.Kes.  Dalam sambutannya, beliau berterima kasih kepada para nara sumber yang telah berkenan membagi ilmunya kepada civitas akademika di Unmal. Beliau juga memesankan kepada semua peserta untuk dapat mengikuti acara dengan baik, agar nanti saat akan akreditasi secara on line tidak mengalami kesulitan.

Seperti laporan dari ketua LPMI Unmal, bahwa peserta pelatihan berjumlah 50 orang dengan rincian peserta: semua dekan dan kaprodi di lingkungan Unmal di luar prodi-prodi kesehatan serta tim persiapan akreditasi prodi serta para auditor internal LPMI.

Ibu Elida Purba, PhD dalam paparan materinya menekankan adanya tiga hal penting yang harus dipersiapan untuk memperoleh akreditasi yang baik. Pertama, harus ada kepemimpinan yang kuat, yang kedua, harus ada komitmen penjaminan mutu dan yang ketiga harus ada kemudahan dalam mengakses data yang didukung dengan fasilitas IT yang baik. Sementara Bapak Priyambodo, MSc lebih memaparkan teknis langkah-langkah yang harus dilakukan jika akan mengusulkan akreditasi dengan SAPTO.

Foto bersama Nara Sumber dan peserta pelatihan akreditasi dengan metode SAPTO

Foto bersama Nara Sumber dan peserta pelatihan akreditasi dengan metode SAPTO

LPMI Lakukan Audit Mutu Internal

Bulan maret 2018 yang lalu, tepatnya dari tanggal 8 – 14 Maret 2018 merupakan tanggal penting karena untuk pertama kalinya borang yang baru disusun di uji cobakan untuk mengaudit mutu internal di prodi dan bagian yang ada di Unmal. Adapun instrumen yang digunakan ada 11 insturmn dengan rincian 5 buah untuk mengaudit prodi dan 6 buah untuk mengaudit bagian/unit.

Pada acara audit mutu internal ini, LPMI Unmal menerjunkan 20 auditor internal yang dimiliki oleh Unmal. Untuk menghindari adanya konflik kepentingan, maka sistem kerja auditor di over silang sehingga satu prodi/bagian akan diaudit oleh 2 auditor dari prodi/bagian yang berbeda dan hanya ada satu auditor yang berasal dari prodi/bagian yang sama.

Pelaksanaan audit mutu internal ini sesuai dengan surat tugas dari Rektor Unmal  yang menugaskan kepada tim LPMI untuk mengaudit semua prodi dan bagian yang ada. Wakil Rektor I, dr. Achmad Farich dalam sambutan sosialisasi pelaksanaan audit menekankan kepada semua prodi/bagian untuk menampilkan data apa adanya, sehingga temuan oleh LPMI akan menjadi masukan yang sangat berharga untuk membuat perencanaan di semester atau tahun yang akan datang.

Adapun laporan hasil audit telah selesai disusun oleh tim LPMI dan telah dipersentasikan di hadapan rektorat dan jajaranannya. Dalam sambutannya Rektor Unmal, Dr. Muhammad Kadafi mengucapkan terima kasih atas laporan audit mutu akademik yang telah beliau terima,” saya pastikan hasil audit ini akan menjadi pijakan dalam membuat perencanaan dan kebijakan di semester yang akan datang.” Ujar Pak Kadafi.

Foto bersama auditor internal bersama Wakil Dekan FKM dan Sekertaris Program Pascasarjana

Foto bersama auditor internal bersama Wakil Dekan FKM dan Sekertaris Program Pascasarjana

 

 

Sosialisasi Rencana Audit Internal Akademik di Unmal tahun 2018

Lembaga Penjamin Mutu Internal (LPMI) Unmal Bandar Lampung, tahun ini kembali akan melakukan audit mutu internal akademik pada semua prodi/fakultas dan bagian yang ada di lingkungan Universitas Malahayati Bandar Lampung. Untuk itu, LPMI Unmal memberikan sosialisasi tentang rencana kegiatan tersebut kepada para kaprodi/dekan dan kepala bagian di lingkungan Unmal. Kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan pada tanggal 1 Maret 2018 di ruang rapat lantai 5 gedung rektorat Unmal.

Acara dibuka oleh Wakil Rektor I Unmal, Bapak dr. Achmad Farich, MM. Dalam sambutannya beliau mengingatkan kepada semua bagian dan prodi untuk dapat membantu pelaksanaaan audit internal akademik ini, sehingga LPMI akan mendapatkan data-data yang diperlukan secara lengkap. Beliau juga mengingatkan kepada semua yang hadir untuk dapat menunjukkan data yang real apa adanya sehingga harapnya temuan LPMI nantinya akan menghasilkan rekomendasi perbaikan untuk tahun tahun yang akan datang.

Acara dilanjutkan dengan pemaparan teknis rencana kegiatan yang akan dilaksanakan pada tanggal 5 – 14 Maret 2017. Penjelasan teknis diberikan oleh ketua LPMI Unmal, Dr. Dessy Hermawan, M.Kes. Beliau menjelaskan secara detail tentang rencana yang akan dilakukan, mulai dari tujuan, jadwal, nama auditor internal yang ditugaskan serta instrumen yang akan digunakan. Dalam audit internal kali ini LPMI menggunakan insturmen borang yang telah dikembangkan oleh LPMI Unmal sendiri. Seperti diketahui untuk kegiatan audit tahun-tahun yang lalu masih menggunakan instrumen yang diadopsi dari BAN-PT.

LPMI Unmal Finilisasi Instrumen Audit Internal 2017

Pada awal Desember 2017 yang lalu LPMI Unmal Bandar Lampung melakukan rapat finalisasi instrumen audit internal yang rencananya akan diuji cobakan dan digunakan pada tahun 2018 ini. Instrumen yang dihasilkan LPMI terdiri dari 11 borang instrumen, yaitu: 1). borang kinerja pengajaran, 2). kinerja pembelajaran praktek, 3). penelitian, 4). pengabdian masyarakat, 5). Kerjasama, 6). borang kinerja laboratorium, 7). kinerja kepegawaian/SDM, 8). kinerja PMB, 9). Kemahasiswaan, 10). Keuangan dan 11). Perpustakaan.

Ketua LPMI Unmal, Dr. Dessy Hermawan, M.Kes menjelaskan bahwa insturmen tersebut 1-5 akan digunakan untuk mengaudit kinerja prodi dan 6-11 untuk mengaudit bagian-bagian yang ada di Unmal. Beliau menjalaskan bahwa insturmen ini memang masih jauh dari sempurna, namun tetap harus kita finalisasi agar bisa segera diuji cobakan dan digunakan untuk menilai kinerja prodi/bagian yang ada di Unmal.

Dalam kegiatan finalisasi instrumen ini dihadiri oleh seluruh anggota LPMI yang merupakan bagian atau perwakilan unit penjamin mutu yang ada di seluruh prodi/fakultas yang ada di Unmal. Seluruh anggota LPMI Unmal yang hadir tampak sepakat bahwa instumen kinerja 2017 ini akan segera disosialisasikan dan juga diuji cobakan.

Suasana Rapat Penyusunan Istrumen Audit Internal di Ruang Rapat LPMI Unmal

Suasana Rapat Penyusunan Istrumen Audit Internal di Ruang Rapat LPMI Unmal

Belajar Melakukan Audit Internal Akademik di LP3M Unila

Beberapa auditor internal (10 orang dosen) Unmal yang baru saja mendapatkan pelatihan audit mutu internal di Unila pada awal bulan agustus 2017 yang lalu, kembali mendapatkan pengalaman berharga, yaitu mengikuti proses audit mutu internal di Universitas Lampung. Program ini masih merupakan keberlanjutan program PT Asuh oleh PT Unggul.

Ketua LPMI Unmal, Dr. Dessy Hermawan, S.Kep, Ns, M.Kes mengatakan sangat bersyukur karena teman-temannya (dosen Unmal) mendapatkan kesempatan berupa pengalaman langsung mengikuti proses audit internal akademik di Unila, walapun hanya ikut sebagai pengamat tanpa memiliki hak untuk melakukan penilaian. Salah satu peserta mengatakan sangat senang bisa mengikuti dan mendapatkan pengalaman ini, “tentu akan sangat sulit untuk kita bisa diijinkan mengikuti proses audit internal ini, jika tidak karena program PT Asuh”, Ujar salah satu peserta audit.

Seperti dijelaskan oleh ketua LP3M Unila. Prof. Dr. Murhadi bahwa para peserta dari luar Unila akan dipaparkan langsung dengan suasana audit di prodi/bagian. Para peserta diberi kesempatan untuk dapat menilai langsung, hanya saja penilaiannya hanya untuk latihan, penilaian yang sesungguhnya tetap akan dilakukan oleh para auditor internal dari Unila.

Suasana Pembukaan Pelatihan audit internal akademik di LP3M Unila.

Suasana Pembukaan Pelatihan audit internal akademik di LP3M Unila.

Foto bersama dengan Tim Monev Program PT Asuh oleh PT unggul dari Kemenristek-Dikti

Foto bersama dengan Tim Monev Program PT Asuh oleh PT unggul dari Kemenristek-Dikti

LPMI Unmal di Monev oleh Kemenristek-Dikti

Pada tanggal 11 November 2017 yang lalu. Lembaga Penjamin Mutu Internal (LPMI) Unmal Bandar Lampung mendapat kunjungan dari Kasi Penerapan Sistem Penjamin Mutu Internal Kemenristek Dikti, Ibu Eva Wanny Ellyza, dalam rangka monitoring pelaksanaan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) di Unmal Bandar Lampung.

Ibu Eva menjelaskan, bahwa pelaksanaan monev pada bulan November 2017 kali ini, untuk propinsi Lampung terpilih dua Perguruan Tinggi, yaitu Politeknik Negeri Lampung dan Universitas Malahayati Bandar Lampung yang kedua-duanya baru saja selesai melaksanakan akreditasi institusi (AIPT) dan juga sudah mendapatkan bimbingan teknis pelaksanaan SPMI pada tahun yang lalu.

Dalam pelaksanaan Ibu Eva dan stafnya mengajukan beberapa pertanyaan dan mengecek kelengkapan dokumen pendukung serta meminta LPMI Unmal untuk mengisi form yag telah di siapkan. Pada kesempatan tersebut, ketua LPMI Unmal Dr. Dessy Hermawan, M.Kes yang mendamping tim sejak awal kedatangan, mengucapkan terima kasih atas kenjungan tim Penjamin Mutu Kemenristek-Dikti ke LPMI Unmal, “kami berterima kasih kunjungan monev ini dan juga terima kasih atas masukan-masukan yang diberikan, insyAllah akan menjadi masukan berharga bagi kami untuk lebih baik lagi,” ujar ketua LPMI Unmal.

Unmal Tambah Jumlah Auditor Internal

Pada bulan Agustus 2017 yang lalu, Unmal mendapat tambahan 10 auditor mutu internal yang tersertifikasi. Tambahan auditor ini, merupakan produk dari pelatihan yang diadakan oleh Lembaga Pengembangan Pembelajaran & Penjaminan Mutu (LP3M) Unila pada tanggal tujuh sampai sepuluh agustus 2017 yang lalu.

Program pelatihan auditor mutu internal ini merupakan rangkaian kegiatan dari program PT Asuh oleh PT Unggul. Acara pelatihan auditor mutu internal ini dibuka langsung oleh rektor Unila, Bapak Prof. Dr. Hasriadi Mat Akin dan didampingi oleh Wakil Rektor I Unila, ketua LP3M serta beberapa narasumber dari Unila

Pelatihan auditor internal ini diikuti oleh 30 peserta dari 3 PTS asuhan Unila, yaitu dari Universitas Malahayati Bandar Lampung, Universitas Muhammadiyah Metro dan Universitas Muhammadiyah Lampung. Masing-masing PTS mendapat jatah 10 orang peserta saja. Hal ini karena keterbatasan jumlah kouta pendanaan yang tersedia.

Dalam kegiatan pelatihan ini, peserta mendapat materi tentang apa saja yang diperlukan dan yang harus dikuasai oleh seorang auditor mutu internal. Peserta tidak hanya mendapatkan materi di kelas, namun juga langsung dituntut untuk mempraktekkan langsung. Peserta pelatihan dibagi dalam kelompok-kelompok kecil dan diberi tugas melakukan audit prodi, walaupun hanya berupa simulasi.

 

Suasana Kelompok saat Malakukan Latihan Audit Mutu Internal.

Suasana Kelompok saat Malakukan Latihan Audit Mutu Internal.

Pada akhir pelatihan, diumumkan peserta yang lulus dan lima peserta terbaik. Dan bersyukur Unmal mendapatkan dua auditor terbaik, yaitu Dr. Dessy Hermawan, Ns, M.Kes sebagai peserta terbaik pertama dan Ade Maria Ulfa, M.Kes, Apt sebagai peserta terbaik ketiga. Sedangkan sisanya didapatkan oleh peserta dari UML dan UMM.

Unmal ikut Pelatihan Penyusunan Dokumen Akreditasi & SPMI

Tanggal 31 Juli sampai dengan 2 Agustus 2017 yang lalu, bertepat di hotel Bukit Randu Bandar Lampung,  beberapa dosen Unmal yang juga merupakan tim kerja Lembaga Penjamin Mutu Internal Universitas Malahayati Bandar Lampung berkesempatan untuk mengikuti pelatihan yang di motori oleh LP3M Universitas Lampung.

Selama Pelatihan, peserta mendapatkan pendalam materi tentang bagaimana menyusun perangkat Sistem Penjamin Mutu Internal. Antara lain mereka mendapatkan cara penyusunan buku kebijakan mutu, standar mutu dan manual mutu serta diajarkan juga bagaimana cara menyusun atau melakukan evaluasi diri yang benar.

Beberapa pemateri yang memberikan pencerahan bagi para peserta yang berasal dari 3 PTS asuhan Unila ini, antara lain: Bapak Prof. Dr. Muhardi, Ibu Prof. Dr. Lindriana Sari, Ibu Dr. Efrida Purba dan Bapak Dr. Sutikno yang kesemuanya berasal dari LP3M Universitas Lampung.

Seluruh peserta yang ikut pelatihan, terutama yang berasal dari Unmal, sangat berterima kasih atas program PT Asuh oleh PT Unggul yang sangat membantu membuka wawasan teman-teman terkait dokumen mutu yang diperlu di tingkat Universitas. Dan berharap hasil pelatihan ini dapat segera digunakan untuk memperbaiki dokumen di PTS masing-masing.

 

Suasana Pelatihan di Hotel Bukit Randu Bandar Lampung

Suasana Pelatihan di Hotel Bukit Randu Bandar Lampung

Suasana Pelatihan di Hotel Bukit Randu Bandar Lampung

Suasana Pelatihan di Hotel Bukit Randu Bandar Lampung

 

Ucapan Selamat dari Ketua LP3M Unila kepada Para Peserta Terpilih

Ucapan Selamat dari Ketua LP3M Unila kepada Para Peserta Terpilih

Unmal ikut Progam Asuh oleh PT Unggul Unila

Pada hari kamis tanggal 13 Juli 2017, Universitas Malahayati Bandar Lampung telah menandatangani MoU dengan Universitas Lampung dalam Program PT Asuh oleh PT Unggul. Dengan di tanda tangani MoU ini Unila memiliki tanggung jawab untuk membina Unmal, terutama pada sistem penjaminan mutu, sehingga harapnya di akhir program ini Unmal akan meningkat akreditasinya. Baik akreditasi di prodi atapun akreditasi Institusinya (AIPT).

Proses penandatangan MoU yang berlangsung di gedung rektorat, ditanda tangani langsung oleh Rektor Unmal, Bapak Dr. Muhamaad Kadafi, SH, MH dan Rektor Unila Prof. Dr. Hasriadi Mat Akin dan juga dihadiri oleh pejabat teras di lingkungan Unila dan Unmal.

Dalam sambutannya Rektor Unila, Prof Hasriadi menyampaikan sudah saatnya Unila berperan untuk meningkatkan pendidikan di propinsi Lampung, tidak hanya bagi Unila, tapi juga bagi PTS lain yang ada di lampung. Seperti diketahui Unila memperoleh hibah program PT Asuh sehingga mengasuh tiga PTS yang ada di Lampung dan salah satunya adalah Unmal.

Terpilihnya Unmal sebagai salah satu PTS yang akan di asuh oleh Unila, khususnya di proses penjaminan mutunya, disambut baik oleh pihak Unmal. Rektor Unmal, Dr. Muhammad Kadafi mengucapkan terima kasih atas dilibatkannya Unmal dalam program ini. Beliau berharap kesuksesan dan keberhasilan Unila dapat ditularkan ke Unmal dan PTS lain yang ada di Propinsi Lampung.

Suasana Penandatanganan MoU antara Unila dan Unmal

Suasana Penandatanganan MoU antara Unila dan Unmal

 

Foto bersama setelah penandatangan MoU

Foto bersama setelah penandatangan MoU